Entri Populer

Kamis, 28 April 2011

BAB IV PENUTUP


Setelah melakukan pengamatan di Hotel Nikko Bali Resort & Spa, yaitu Analisis Kualitas Pelayanan Breakfast di Brasserie Restaurant serta berdasarkan penjelasan pada bab sebelumnya maka penulis dapat merumuskan kesimpulan sebagai berikut:
A.   KESIMPULAN

Beberapa kesimpulan yang dapat penulis berikan adalah:

1.     Standart Operational Procedur (SOP) di Brasserie Restaurant
a.     SOP polishing cutleries di brasserie restaurant
a.1. Langkah/step pemolishan yang dilakukan karyawan/staff sudah sesuai dengan standard yang berlaku di Brasserie Restauran. Dari 10 karyawan menyatakan langkah/step pemolishan cutleries sudah sesuai dengan standard (6 orang menjawab “ya” sudah sesuai,3 orang menjawab “belum” dan 1 orang menjawab “tidak” sesuai setandard).
a.2. Cara memegang cutleries pada saat memolish belum benar,hasil wawancara dari 10 respondenyang menyatakan sdah benar hanya 4 responden dan sisanya menyatakan “belum” dan “tidak”.
a.3. Hasil pemolishan di Brasserie Restauran sudah sesuai dengan standard,dari 10 responden menyatakan (6 orang menjawab “ya” dan 4 orang menjawab “belum” benar)

b.     SOP set up table di Brasserie Restaurant
b.1. Set up table yang ada di brasserie restaurant belum dijalankan sesuai dengan standard yang berlaku. Hasil ini didapat dari 10 responden 6 diantaranya menjawab “belum” dan “tidak” sesuai, dari pertanyaan “Apakah setandard set up table yang ada di brasserie Restaurant sudah di jalankan oleh karyawan brasserie”
b.2. Hasil set up table yang dikerjakan oleh karyawan Brasserie belum sesuai dengan standard karena 5 dari total 10 responden menyatakan “belum” sesuai setandard yang ada di brasserie restaurant.

c.     SOP handling tamu di Brasserie Restauran
c.1. semua staf Brasserie Restaurant sudah mengetahui SOP handling tamu dari tamu datang sampai tamu meninggalkan restauran
c.2. semua staf Brasserie restaurant sudah menjalankan SOP handling tamu yang ada di Brasserie restaurant.



2.   Tanggapan Tamu terhadap pelayanan breakfast di Brasserie Restaurant adalah sebagai berikut:
a.     Pada poin warm welcome dari 10 tamu menyatakan baik  (3 Excellent,7 Good).
b.     Pada poin food quality dari 10 tamu menyatakan baik (5 Excellent,4 Good, dan 1 Fair).
c.     Pada poin food menu variety dari 10 tamu menyatakan baik (4 Excellent,5 Good,dan 1 Fair)
d.     Pada poin beverage quality dari 10 tamu menyatakan baik (1 Excellent,7 good dan 2 Fair)
e.     Pada poin beverage menu variety dari 10 tamu menyatakan baik (3 Excellent,6 Good dan 1 Fair)
f.      Pada poin quality of service dari 10 tamu menyatakan baik (1 Excellent,7 Good dan 1 Fair)
g.     Pada poin speed of service dari 10 tamu menyatakan buruk (1 Good,3 fair dan 6 Poor)
h.     Pada poin comfortable dari 10 tamu menyatakan buruk (1 Good,4Fair,5 Poor)
Dari pernyataan-pernyatan tamu diatas ternyata poin yang paling rendah adalah speed of service dan comfortable. Setelah penulis teliti dan menanyakan pada beberapa staff Brasserie Restauran ternyata hal ini dikarenakan banyaknya tamu yang datang ke Brasserie Restauran secara bersamaan yang menyebabkan kapasitas Brasserie penuh,keadaan tersebut membuat tamu yang datang ke brasserie tidak nyaman,bahkan membuat mereka harus mengantri untuk melakukan breakfast.


B.    SARAN
1.   Setandart Operational Procedure breakfast  yang ada di Brasserie Restaurant harus selalu dilakukan dan di review kepada setiap staf yang ada di Brasserie Restaurant sehingga semua staf akan paham,mengerti,dan menjalankan standard tersebut.

2.   Menambah jumlah staf yang incharge di Brasserie Restaurant pada saat high season sehingga pada saat tamu datang ke Brasserie secara bersamaan, semua tamu dapat terhandle sehingga semua tamu akan merasa puas.


3.   Menambah kapasitas Brasserie Restaurant atau membuka restauran yang lain yang ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa untuk breakfast pada saat high seasons,sehinga tamu tida harus mengantri pada saat breakfast dan untuk membuat tamu merasa lebih nyaman dan leluasa pada saat breakfast.

4.   Kecepatan pelayanan di Brasserie Restaurant harus ditingkatkan,untuk menciptakan kepuasan bagi para tamu yang datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar