Entri Populer

Kamis, 28 April 2011

BAB I PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Bali merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia yang mengandalkan perekonomian dari dunia pariwisata. Bali tidak hanya dikenal oleh orang-orang Indonesia saja, tapi banyak dari pengunjung yang datang ke Bali berasal dari luar negeri, hal itu terbukti dari sebagian besar wisatawan adalah wisatawan mancanegara. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali, sekarang banyak didirikan hotel -hotel berbintang untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali.
Nikko Bali Resort & Spa adalah salah satu hotel bintang lima yang berada di kawasan hotel berbintang yang ada di daerah Nusa Dua. Hotel Nikko Bali Resort & Spa didirikan berdasarkan percampuran antara kelembutan dan keramah tamahan ala jepang dengan tradisi dan budaya bali dimana hotel itu berlokasi. Hotel bintang lima ini terletak 25 menit dari bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Nikko Bali Resort & Spa mempunyai keunggulan view yang sangat bagus karena hotel ini di bangun di atas tebing dan berhadapan langsung dengan pantai.
1
 
Nikko Bali Resort & Spa memiliki beberapa departemen, Food & Beverage department  merupakan  salah satu departemen yang ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa yang  paling banyak memberikan income khususnya Food & Beverage Service. Food And Beverages Service (FBS) adalah salah satu departemen yang ada di hotel yang bertanggung jawab menyajikan makanan dan minuman kepada tamu secara profesional dengan tujuan mendapatkan income atau revenue dan profit. FBS, demikian biasa disingkat, merupakan departemen yang berperan penting dalam suatu hotel, karena baik buruknya, berhasil tidaknya, dan popular tidaknya suatu hotel sangat dipengaruhi oleh F&B Service. Selain itu, FBS  juga memberikan kontribusi kepada hotel, baik itu kontribusi berupa revenue, jumlah tamu, maupun image. Bahkan di jaman sekarang hotel tidak hanya bisa mengandalkan revenue dari penjualan kamar saja tetapi revenue utama juga berasal dari penjualan Food and Beverage, Hotel Nikko Bali Resort & Spa memiliki beberapa outlet yang dikelola oleh Food & Beverage departemen yaitu: Brasserie Restaurant, Laterraza, Benkay Japanese restaurant, Delicatessen lounge, The Shore, Oolooloos Fun Pub, Kupu-kupu amphitheater.
Bresserie merupakan salah satu restauran yang ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa yang khusus untuk melayani breakfast. Brasserie memiliki 206 kapasitas tempat duduk, yang terdiri dari 132 tempat duduk indoor dan 74 tempat duduk outdoor dengan view beach & garden. Bedasarkan latar belakang tersebut di atas judul Tugas Akhir ini Analisis Kualitas Pelayanan Breakfast di Brasserie Restaurant Hotel Nikko Bali Resort & spa”
B.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu:
1.     Bagaimana SOP (Standard Operating Procedure) pelayanan breakfast di Brasserie Restaurant Hotel Nikko Bali Resort & Spa?
2.     Bagaimana tanggapan tamu tentang kualitas pelayanan breakfast di Brasserie Restaurant Hotel Nikko Bali Resort & Spa?

C.    TUJUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR
Tujuan Penyusunan tugas akhir ini adalah :
1.   Mahasiswa
       Selain sebagai salah satu syarat kelulusan, tugas akhir ini diharapkan menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengalami sebuah proses intelektual dimana mahasiswa akan berlatih untuk mengembangkan pola berfikir kritis, analitis, dan konsepsional terhadap aspek–aspek tertentu di dunia industri pariwisata, khususnya di bidang perhotelan.

2.   Industri
      Tugas akhir ini diharapkan bisa menjadi bahan masukan yang bermanfaat, khususnya bagi Hotel Nikko Bali Resort & Spa, yang menjadi lokasi penelitian, dan sekaligus juga bagi kemajuan dunia pariwisata dan perhotelan Indonesia.

3.   Ilmu pengetahuan
     Tugas akhir ini, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan didunia pariwisata khususnya perhotelan, dan diharapkan bisa dijadikan pelengkap ilmu-ilmu pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.



D.    Metodologi Penelitian
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode Deskriptif Analitis. Metode deskriptif analitis adalah metode yang digunakan untuk meneliti gagasan atau produk pemikiran manusia dengan melakukan studi kritis terhadapnya. Fokus penelitian deskriptif analitis di dalam tugas akhir ini adalah mendiskripsikan, mambahas dan mengkritisi sebuah fenomena atau kondisi aktual di lokasi penelitian yang selanjutnya dilakukan kajian kritis terhadap fenomena dan kondisi aktual  tersebut berdasarkan literature dan referensi pendukung.

E.    Teknis Pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah:
1.     Observasi
Suatu cara pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan dan mengamati segala aktivitas yang sedang berlangsung selama penelitian. Dalam penelitian ini, penulis mengamati kerja karyawan di Brasserie restaurant apakah sudah sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) atau belum.

2.     Wawancara
Suatu cara pengumpulan data dengan menanyakan langsung kepada sejumlah responden yang kompeten dalam suatu permasalahan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk penelitian ini, yaitu menanyakan kepada supervisor dan manager Brasserie Restaurant Hotel Nikko Bali Resort & Spa.

3.     Studi Pustaka
Studi pustaka merupakan salah satu cara pengumpulan data dengan cara membaca atau mempelajari buku-buku yang mendukung terhadap permasalahan yang diteliti sehingga dapat dipergunakan sebagai landasan penyusunan Tugas Akhir.

4.     Angket/questioner         
Proses pengumpulan data yang dilakukan dengan cara membagikan kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian pada orang-orang yang berkaitan. Disini penulis telah melakukan beberapa questioner kepada karyawan Brasserie Restaurant tentang SOP dan kepada tamu yang mengunjungi Brasserie Restaurant tentang kualitas pelayanan breakfast di Brasserie Restaurant.

F.    Lokasi dan Waktu Penelitian
Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Brasserie Restaurant Hotel Nikko Bali Resort  & Spa yang berlokasi :
1.   Alamat:   Jalan Nusa Dua Selatan
                          PO.BOX 18 Nusa Dua 80363 , Bali-Indonesia
Telp. (62-361) 773377 Fax. (62361) 773388

2.   Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan penulis pada saat menjalani proses On The Job Training di Hotel Nikko Bali Resort & Spa selama 6 bulan periode 13 juli 2010 s/d 12 januari 2011















BAB II
TINJAUAN UMUM TENTANG  HOTEL NIKKO BALI RESORT & SPA

1.    Sejarah Hotel Nikko Bali Resort & Spa
 Pada tahun 1970 dengan dana 4 milliyar yen, berdirilah Japan Airline Development Company (JDC). Sejak itu perusahaan membangun perkembangan yang positif keseluruhan dunia dan dibukalah hotel pertama perusahaan ini di Jakarta Indonesia sebagai hotel kepresidenan tahun 1972. Pada tahun 1973 dibuka sebuah hotel baru The Okinawa Grand Castle, JDC membentuk sebuah perusahaan management hotel yang disebut JAL (Japan Air Lines) hotel sistem. Melanjutkan perkembangan dan kemajuan di jepang, kesempatan untuk memulai pengembangan untuk menunjukkan diri di Negara lainnya, dengan memperhatikan konsep kesempurnaan, system JAL membuka hotel-hotel diseluruh dunia seperti Guam Reef Hotel pada tahun 1974, Hotel Nikko Paris dan Hotel Nikko Manila Garden pada tahun 1976, Hotel Nikko Dusseldorf pada tahun 1978 dan Hotel Nikko Pulau pada tahun 1981. Pada tahun 1984 nama JAL sistem diubah menjadi Nikko Hotel Internasional. Nama Nikko merupakan kepanjangan dari Nihon Koku, dalam bahasa inggis adalah Japan Airline. Lebih dari 20 tahun pengalaman Hotel Nikko Internasional telah memperluas aktivitasnya didalam pasar dunia. Operation Nikko Chain Hotel berdasarkan percampuran antara kelembutan dan keramah tamahan ala jepang, budaya dan tradisi Negara itu sendiri dengan Negara dimana hotel itu berlokasi, ini berarti setiap Hotel Nikko memiliki cita rasa sendiri.
Pada tahun 1995 Nikko melanjutkan perluasan dan sudah mendominasi sebagai resort tempat kunjungan yang terkenal diseluruh dunia. Nikko Hotel international membuka sebuah spektakuler resort di Bali , Indonesia dengan nama The Hotel Nikko Bali, kemdian setelah beberapa tahun nama The Hotel Nikko Bali diubah menjadi Hotel Nikko Bali Resort & Spa.  Nikko Hotel international yang berikutnya meliputi 100 hotel setelah 10 tahun mendatang. Hotel-hotel baru direncanakan dengan program yang selektif dan bertempat di kota yang strategis dan lokasi resort eksotis dibelahan dunia.






5
 
 

2.  Fasilitas Hotel Nikko Bali Resort & Spa
a.    Fasilitas kamar
Nikko Bali Resort & Spa mempunyai 389 kamar tamu, dengan tipe garden view,  ocean view,  pool access, pool beach front, deluxe beach front, seven heaven, nikko club beach front, nikko suite, royal suite, presidential suite.

TABEL 1
Jenis dan Jumlah Kamar yang Ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa
Description
Twin
King
Total
Garden view
45
14
59
Ocean view
104
37
141
Pool Beach Front
16
16
32
Deluxe Beach Front
49
39
88
Seven Heaven
-
14
14
Nikko Clube Beach Front
19
7
26
Pool Access
9
7
16
Nikko Suite
4
5
9
Royal Suite
-
3
3
Presidential Suite
-
1
1
Grand Total
246
143
389

Tidak ada komentar:

Posting Komentar