BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Bali merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia yang mengandalkan perekonomian dari dunia pariwisata. Bali tidak hanya dikenal oleh orang-orang Indonesia saja, tapi banyak dari pengunjung yang datang ke Bali berasal dari luar negeri, hal itu terbukti dari sebagian besar wisatawan adalah wisatawan mancanegara. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali, sekarang banyak didirikan hotel -hotel berbintang untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali.
Nikko Bali Resort & Spa adalah salah satu hotel bintang lima yang berada di kawasan hotel berbintang yang ada di daerah Nusa Dua. Hotel Nikko Bali Resort & Spa didirikan berdasarkan percampuran antara kelembutan dan keramah tamahan ala jepang dengan tradisi dan budaya bali dimana hotel itu berlokasi. Hotel bintang lima ini terletak 25 menit dari bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Nikko Bali Resort & Spa mempunyai keunggulan view yang sangat bagus karena hotel ini di bangun di atas tebing dan berhadapan langsung dengan pantai.
|
Bresserie merupakan salah satu restauran yang ada di Nikko Bali Resort & Spa yang khusus untuk melayanibreakfast. Brasserie memiliki 206 kapasitas tempat duduk,yang terdiri dari 132 tempat duduk indoor dan 74 tempat duduk outdoor dengan view beach&garden. Bedasarkan latar belakang tersebut di atas judul Tugas Akhir ini “ Analisis Kualitas Pelayanan Breakfast di Brasserie Restaurant di Hotel Nikko Bali Resort & spa”
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu:
1. Bagaimana SOP (Standard Operating Procedure) pelayanan breakfast di Brasserie Restaurant di Hotel Nikko Bali Resort & Spa?
2. Bagaimana tanggapan tamu tentang kualitas pelayanan breakfast di Brasserie Restaurant di Hotel Nikko Bali Resort & Spa?
C. TUJUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR
Tujuan Penyusunan tugas akhir ini adalah :
a. Mahasiswa
Selain sebagai salah satu syarat kelulusan, tugas akhir ini diharapkan menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengalami sebuah proses intelektual dimana mahasiswa akan berlatih untuk mengembangkan pola berfikir kritis, analitis, dan konsepsional terhadap aspek–aspek tertentu di dunia industri pariwisata,khususnya di bidang perhotelan.
b. Industri
Tugas akhir ini diharapkan bisa menjadi bahan masukan yang bermanfaat, khususnya bagi hotel Nikko Bali Resort & Spa, yang menjadi lokasi penelitian, dan sekaligus juga bagi kemajuan dunia pariwisata dan perhotelan Indonesia.
c. Ilmu pengetahuan
Tugas akhir ini, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan didunia pariwisata khususnya perhotelan, dan diharapkan bisa dijadikan pelengkap ilmu-ilmu pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.
D. Metodelogi Penelitian
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode Deskriptif Analitis.Metode deskriptif analitis adalah metode yang digunakan untuk meneliti gagasan atau produk pemikiran manusia dengan melakukan studi kritis terhadapnya. Fokus penelitian deskriptif analitis di dalam tugas akhir ini adalah mendiskripsikan, mambahas dan mengkritisi sebuah fenomena atau kondisi aktual di lokasi penelitian yang selanjutnya dilakukan kajian kritis terhadap fenomena dan kondisi aktual tersebut berdasarkan literature dan referensi pendukung.
E. Teknis Pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah:
1. Observasi
Suatu cara pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan dan mengamati segala aktivitas yang sedang berlangsung selama penelitian. Dalam penelitian ini, penulis mengamati kerja karyawan di Brasserie restaurant apakah sudah sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) atau belum.
2. Wawancara
Suatu cara pengumpulan data dengan menanyakan langsung kepada sejumlah responden yang kompeten dalam suatu permasalahan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk penelitian ini, yaitu menanyakan kepada supervisor dan manager.
3. Studi Pustaka
Studi pustaka merupakan salah satu cara pengumpulan data dengan cara membaca atau mempelajari buku-buku yang mendukung terhadap permasalahan yang diteliti sehingga dapat dipergunakan sebagai landasan penyusunan Tugas Akhir.
4. Angket/questioner
Proses pengumpulan data yang dilakukan dengan cara membagikan kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian pada orang-orang yang berkaitan.
F. Lokasi dan Waktu Penelitian
Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Brasserie Restaurant di Hotel Nikko Bali Resort & Spa yang berlokasi :
a. Alamat : Jalan Nusa Dua Selatan
PO.BOX 18 Nusa Dua 80363 , Bali-Indonesia
Telp. (62-361) 773377 Fax. (62361) 773388
b. Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan penulis pada saat menjalani proses On The Job Trainingdi hotel Nikko Bali Resort & Spa sealama 6 bulan periode 13 juli 2010 s/d 12 januari 2011
BAB II
TINJAUAN UMUM TENTANG HOTEL NIKKO BALI RESORT & SPA
1. Sejarah Hotel Nikko Bali Resort & Spa
Pada tahun 1970 dengan dana 4 milliyar yen, berdirilah Japan Airline Development Company (JDC). Sejak itu perusahaan membangun perkembangan yang positif keseluruhan dunia dan dibukalah hotel pertama perusahaan ini di Jakarta Indonesia sebagai hotel kepresidenan tahun 1972. Pada tahun 1973 dibuka sebuah hotel baru The Okinawa Grand Castle, JDC membentuk sebuah perusahaan management hotel yang disebut JAL (Japan Air Lines) hotel sistem. Melanjutkan perkembangan dan kemajuan di jepang, kesempatan untuk memulai pengembangan untuk menunjukkan diri di Negara lainnya, dengan memperhatikan konsep kesempurnaan, system JAL membuka hotel-hotel diseluruh dunia seperti Guam Reef Hotel pada tahun 1974, Hotel Nikko Paris dan Hotel Nikko Manila Garden pada tahun 1976, Hotel Nikko Dusseldorf pada tahun 1978 dan Hotel Nikko Pulau pada tahun 1981. Pada tahun 1984 nama JAL System diubah menjadi Nikko Hotel Internasional. Nama Nikko merupakan kepanjangan dari NihonKoku, dalam bahasa inggis adalah Japan Airline. Lebih dari 20 tahun pengalaman Hotel Nikko Internasional telah memperluas aktivitasnya didalam pasar dunia. Operation NikkoChain Hotel berdasarkan percampuran antara kelembutan dan keramah tamahan ala jepang, budaya dan tradisi Negara itu sendiri dengan Negara dimana hotel itu berlokasi, ini berarti setiap Hotel Nikko memiliki cita rasa sendiri.
Pada tahun 1995 Nikko melanjutkan perluasan dan sudah mendominasi sebagai resort tempat kunjungan yang terkenal diseluruh dunia. Nikko Hotel international membuka sebuah spektakuler resort di Bali , Indonesia dengan nama The Hotel Nikko Bali, kemdian setelah beberapa tahun nama The Hotel Nikko Bali diubah menjadi Hotel Nikko Bali Resort & Spa. Nikko Hotel international yang berikutnya meliputi 100 hotel setelah 10 tahun mendatang. Hotel-hotel baru direncanakan dengan program yang selektif dan bertempat di kota yang strategis dan lokasi resort eksotis dibelahan dunia.
|
2. Fasilitas Hotel Nikko Bali Resort & Spa
a. Fasilitas kamar
Nikko Bali Resort & Spa mempunyai 389 kamar tamu, dengan tipegarden view, ocean view, pool access, pool beach front, deluxe beach front, seven heaven, nikko club beach front, nikko suite, royal suite, presidential suite.
TABEL 1
Jenis dan Jumlah Kamar yang Ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa
Description | twin | king | Total |
Garden view | 45 | 14 | 59 |
Ocean view | 104 | 37 | 141 |
Pool Beach Front | 16 | 16 | 32 |
Deluxe Beach Front | 49 | 39 | 88 |
seven Heaven | - | 14 | 14 |
Nikko Clube Beach Front | 19 | 7 | 26 |
Pool Access | 9 | 7 | 16 |
Nikko Suite | 4 | 5 | 9 |
Royal Suite | - | 3 | 3 |
Presidential Suite | - | 1 | 1 |
Grand Total | 246 | 143 | 389 |
b. Fasilitas pelayanan makanan dan minuman
b.1. Brasserie Restaurant
|
|
Restauran yang terletak dibawah lobby yang memiliki ruang makan untuk breakfastdan dinner, diasmping itu Brasseriejuga menangani room service. Brasserie Restaurant menyediakan menu buffet untuk breakfast dan menu alacarte untuk dinner. Brasserie memiliki kapasitas 206 tempat duduk, antara lain 132 tempat duduk indoor dan 74 tempat dudukoutdoor.
b.2. Delicatesson lounge
|
Delicatessen lounge merupakan salah satu bar yang dimiliki oleh hotel Nikko Resort & Spa. Di sini tidak bisa menyediakan menu untuk makan pagi, siang ataupun malam karena di sini hanya menyediakan berbagai macam beverageseperti (cooktails,mocktails,wine,champagne,soft drink,dll) dananeka snack ataupun roti. Delicatesson lounge mulai beroprasi pada jam 11.30 am – 15.00 pm dan 17.00 pm – 23.00 pm. Karena berfungsi sebagai tempat tunggu, delicatessen loungehanya menyediakan 16 tempat duduk untuk para tamu dan letaknya juga berada di dekat lobby.
b.3. Benkey Japanese Restaurant
|
|
Restauran yang letaknya didekat lobby hotel, yang menyediakan masakan jepang dengan penyajian ala jepang,desain restauran ini juga dibuat seperti restauran ala jepang,Benkey Restaurant memiliki kapasitas 121 tempat duduk. Restaurant ini merupakan ciri khas dari setiap hotel Nikko. Benkey Restaurant buka untuk melayanilunch dan dinner.
b.4. The Shore Restaurant
|
|
Restauran yang terletak di depan pantai dengan pemandangan pantai Nusa Dua yang indah. Restauran ini memiliki kapasitas 94 kursi dan buka setiap hari mulai pukul 10:00-22:00 menyediakan makanan internasional seperti noodle, pizza, burger, dan jenis minuman seperticooktails, mocktails, squeezed dan ice cream.
b.5. Sunken pool bar
Bar yang terdapat di sebelah kolam renang sehingga tamu dapat menikmati minuman sambil berenang.
b.6. Oolooloos Fun Pub
|
|
Bar yang letaknya di dekat lobbymenyediakan berbagai macam jenis beverages, pertunjukanlive musik, live sport dengan layar yang besar, pooltable, dengan kapasitas 88 tempat duduk.
b.7. Clube lounge
Berlokasi di lantai 3 cliff tower building accessible dari lantai 2 dan ampiteater. Merupakan asian restauran dengan menu seafood with ocean view, buka untuk breakfast dan tea time.
b.8. Kupu-kupu Ampitheater
|
|
Audentik Balinese open air ampitheater dilatar belakangi tebing dan menghadap patung dan gapura tradisional bali dengan kapasitas tempat duduk 200 kursi. Buka setiap hari selasa dengan tema masakan dan entertainment yang berbeda. Buka untuk dinner buffet dari pukul 19:00-21:00.
b.9. Graha Sawangan Ballroom ( Banquet )
|
|
Graha Sawangan Ballroom terletak pada lantai pertama hotel Nikko Bali Resort & Spa. Fasilitas graha sawangan ballroom disiapkan untuk berbagai pertemuan seperti eksibisi, meeting, converance, pesta dan lain-lain. Ruang graha sawangan ballroom bisa menampung sampai 600 orang. Graha Sawangan Ballroom juga dapat di pisah-pisah menjadi beberapa ruangan yang disebut Break out room. Break out room adalah ruang pertemuan yang disediakan oleh hotel Nikko Bali Resort & Spa untuk pertemuan – pertemuan yang berkapasitas kecilyang dapat menampung 50 orang.
b.10.Wiwaha wedding pavilion
Tempat yang khusus disediakan untuk melangsungkan pernikahan dengan tembok kaca dan pemandangan samudra hindia.Ruangan ini bisa menampung tamu sebnyak 30 orang, apabila jumlah tamu melebihi kapasitas yang ada pihak hotel bisa memberikan tempat duduk tambahan yang diletakan di area taman maksimal sebanyak 20 kursi.
c. Fasilitas-fasilitas lain
c.1. Bussines Centre
Buka mulai pukul 09:00-17:00 yang melayani:
1. Secretarial service
2. Facsimile
3. Photocopy
4. Personal Computer
c.2.Pool
Kolam yang berukuran luas dengan pasir putih di tepi kolam menjadikan
berenang di kolam seperti berenang di pantai.
c.3. Jungle camp & recreation
Jungle camp & recreationadalah sarana bermain anak-anak yang dimiliki oleh hotel Nikko Bali Resort & Spa. Di dealamnya terdapat 4 kolam renang berukuran kecil dan memiliki tempat seluncur sepanjang 30 meter.
c.4. Mandara Spa
Mandara spa menyediakan jasa perawatan kulit serta relaksasi, mandara spa menyediakan 8 villa untuk perawatan tubuh secara traditional dengan panorama ampiteather dengan ocean view.
c.5. Camel Safary Riding
Terdapat unta gurun yang dapat dikendarai sepanjang pantai nusa dua
c.6. Tenis court
|
|
Nikko Bali Resort & Spa memiliki 3 lapangan tenis indoor yang dilengkapi dengan lampu didalamnya, sehingga bisa digunakan pada malam hari.
3. Struktur Organisasi HotelNikko Bali Resort & Spa
Struktur organisasi yang terdapat di Nikko Bali Resort & Spa besertatugas dan tanggungjawab setiap kepala bagiannya adalah sebagai berikut :
a. General Manager, mengkoordinir, mengawasi dan mengkontrol semua kinerja bawahannya. Dalam melaksanakan tugas tersebut, General Manager dibantu oleh beberapa tenaga ahli sebagai kepala bagian
b. Financial Controller, bertanggung jawab atas semua pemasukan dan pengeluaran keuangan yang ada hotel
c. Chief Accounting, bertanggung jawab terhadap perumusan kebijaksanaan teknis, pengendalian bimbingan, pembinaan, koordinasi, evaluasi, administrasi dan pengelolaan akutansi
d. Assistant Director of Sales, bertanggung jawab ternadap pengelolaan sales promotion, pemesanan kamar serta teknik strategi pemasaran
e. Sales Manager, bertanggung jawab terhadap semua pengelolaan berupa penjualan fasilitas hotel lainnya. Membantu Assistant Director of Sales dalam mengelola tugas dan tanggung jawab department
f. Purchasing Manager, mengawasi pembelian barang-barang operasional hotel, serta menjamin operasional purchasing department berjalan lancar
g. Executive Houskeeper, mengarahkan dan mengawasi bawahan serta menjamin bahwa operasional Houskeeping department berjalan dengan lancar. Seperti penanganan kebersihan, kerapian dan kelengkapan kamar tamu, restaurant, BAR, dan tempat-tempat umum termasuk tempat karyawan hotel
h. Front Office Manager, bertanggung jawab terhadap kelancaran oprasional di Front Office Departement menyangkut pelayanan terhadap tamu, seperti penerimaan pesanan, penanganan chek-in dan check-out, general information, communication dan lain-lain
i. Duty Manager, mengawasi kelancaran operasional diseluruh department. Duty Manager bertugas pada waktu malam hari dan pada hari-hari libur, karena masing-masing department tidak selalu mendapatkan pengawasan yang cukup dari head department
j. Executive Chef, seorang kepala dapur yang bertugas mengawasi operasional kitchen secara keseluruhan, menyusun menu makanan dan membuat daftar pembelian alat-alat dapur
k. Sous Chef, membantu Executive Chef dalam memperlancar kegiatan operasional kitchen
l. Food and Baverage Manager, bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional di seluruh outlet-outlet FB yang ada di hotel, seperti restaurant, BAR dan coffe shop. FB Manager mempunyai peran yang sangat penting serta tugas dan tanggung jawab yang begitu besar mengingat FB Departement termasuk dalam Major Revenue Departement di dalam hotel
m. Personal and Training Manager, mengatur kegiatan mengenai pengembangan karyawan yang menyangkut administrasi kepegawaian, perjanjian-perjanjian, pengobatan karyawan, pendidikan dan pelatihan karyawan serta proses perekrutan tenaga kerja
n. Chief Engineer, bertanggung jawab atas semua perbaikan dan perawatan seluruh peralatan dan fasilitas yang ada di hotel
o. Chief Security, mengkoordinir seluruh petugas keamanan yang ada di hotel untuk memelihara dan menjaga keamanan para tamu, karyawan dan hotel dari segala kemungkinan terjadinya bahaya
4. Struktur Organisasi Food and Baverage Departemen
|
4.1.Job descriptions
1. F & B Director
a. Bertanggung jawab atas jalannya oprasional di F& B departemen secara keseluruhan.
b. Bertanggungjawab terhadap kinerja semua karyawan yang ada di bawahnya.
2. Assistant F & B Director
a. Bertanggung jawab membantu/ menggantikan F & B Direktur jika tidak masuk atau berhalangan hadir.
b. Bertanggungjawab untuk melihat aktifitas pelayanan di semua outlet food & beverage yang ada di hotel Nikko Bali Resort & Spa.
3. Sanitation Manager
Bertanggung jawab terhadap sanitasi di restaurant,kitchen dan steward area yang ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa.
4. F & B Manager
a. Bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional di seluruh outlet-outlet FB yang ada di hotel, seperti Restaurant, BAR dan coffe shop.
b. Bertanggung jawab kepada F&B Direktur serta bertanggung jawab atas jalannya operasional semua outlet-outlet yang ada di F&B departemen secara keseluruhan.
c. Bertanggung jawab terhadap pengawasan 200 staf dibawahnya dari f&b outlet dan operasional banquet .
d. Bertanggung jawab langsung terhadap pengawasan kinerja bawahan.
5. Beverage Manager
Bertanggung jawab terhadap semua yang berhubungan dengan beverage di semua outlet yang ada di Food & Beverage departemen di Hotel Nikko Bali Resort & Spa.
6. Manager
a. Bertanggung jawabterhadap pengawasan kerja karyawan di bawahnya termasuk(captain, hostes, waiter/waitress, school trainee).
b. Bertanggung jawab terhadapkelancaran operasional
c. Bertanggung jawab pada kesetabilan food & beverage cost
d. Member petunjuk dan membagi tugas bawahan
e. Bertanggung jawab terhadap pencapaian pendapatan
7. Assistant Manager
a. Membantu/ menggantikan tugas Manager jika berhalangan hadir.
b. Bertanggung jawab terhadap pengawasan kerja karyawan di bawahnya termasuk captain, waiter/waitress, hostes, school trainee.
c. Membuat jadwal kerja,libur dan cuti untuk karyawan
d. Membagi stafservice ke statin-station setiap hari
8. Captain
a. Bertanggung jawab terhadap pengawasan kerja waiter/waitress, hostes, bartender, school trainee.
b. Mengontrol dan menginventori parstock
c. Memperhatikan para tamu
9. Waiter
a. Memberikan greeting pada tamu ketika tamu datang ke restauran, dan memberikan informasi tenteng special menu dan promotional menu kepada tamu.
b. Memberikan service kepada tamu mulai dari tamu datang ke restauran sampai tamu meninggalkan restauran.
c. Menset up meja
d. Bertanggung jawab terhadap kebersihan area restauran.
e. Memprepare semua kelengkapan yang dibutuhkan untuk operasional restauran (mempolish cutleries, glass, silverwere, membuat oshibori, folding napkin)
f. Mengambil request order dari food & beverage store.
g. Mengirim dirty linen ke bagian laundry
h. Membawa peralatan yang kotor ke bagian steward
i. Menganti astray
5. Data Personalia Hotel Nikko Bali Resort & Spa
TABEL 3
Data Personalia yang Ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa
PERSONNEL STRENGTH | ||||
| | | ||
DEPT./ DIVISION | 2011 | |||
per Januari | ||||
A & G : | | |||
| Executive Office | 4 | ||
| Total A & G | 4 | ||
FINANCE & ACCOUNTING | | |||
| Accounting Office | 17 | ||
| FB Cashier | 14 | ||
| Cost Control | 2 | ||
| Receiving | 2 | ||
| Storekeeper | 5 | ||
| Total Finance & Acct | 40 | ||
PROCUREMENT | | |||
| Purchasing | 5 | ||
| Total Procurement | 5 | ||
SALES & MARKETING | | |||
| Sales & Marketing | 12 | ||
| Jakarta Sales Office | 4 | ||
| Wedding Chapel (Wiwaha) | 5 | ||
| Public Relation | 4 | ||
| Total Sales & Marketing | 25 | ||
HUMAN RESOURCES | | |||
| Personnel | 4 | ||
| Training | 1 | ||
| General Affair | 0 | ||
| Cafetaria | 2 | ||
| Security | 53 | ||
| Total Human Resources | 60 | ||
POMEC : | | |||
| Engineering | 55 | ||
| Gardener | 9 | ||
| Total POMEC | 64 | ||
ROOMS : | | |||
| Front Office | 48 | ||
| Telephone Operator | 7 | ||
| Reservation | 5 | ||
| Housekeeping | 78 | ||
| Laundry | 24 | ||
| Gift Shop | 4 | ||
| Recreation | 19 | ||
| Jungle Camp Adventure Guide | 3 | ||
| Tennis & Entertainment | 3 | ||
| Club Lounge | 14 | ||
| Total Rooms | 205 | ||
FOOD & BEVERAGE : | | |||
| F&B Admin | 5 | ||
| Brasserie / Room Service | 20 | ||
| La Terazza | 8 | ||
| Benkay / Delicatessen | 20 | ||
| Wiwaha | 4 | ||
| Oolooloos | 8 | ||
| Kupu kupu | 4 | ||
| The Shore | 39 | ||
| Banquet | 4 | ||
| FB Reservation Centre | 2 | ||
| Stewarding | 24 | ||
| Kitchen | 92 | ||
| Total F&B Division | 230 | ||
| SUB TOTAL | 633 | ||
CONTRACT WORKER | | |||
| Greeters | 0 | ||
| Front Office | 0 | ||
| Recreation (Mason) | 1 | ||
| Housekeeping | 5 | ||
| Laundry | 0 | ||
| FB Service | 3 | ||
| Kitchen | 2 | ||
| FB Artist | 0 | ||
| POMEC | 1 | ||
| Gardener (outsource) | 28 | ||
| Purchasing | 0 | ||
| Club Lounge | 0 | ||
| Stewarding | 0 | ||
| Sales & Marketing | 0 | ||
| Security (Outsource) | 17 | ||
| Total CW | 57 | ||
DAILY WORKER : | | |||
| Front Office | 0 | ||
| Greeters | 0 | ||
| Engineering | 8 | ||
| Housekeeping | 14 | ||
| Laundry | 5 | ||
| Kitchen | 12 | ||
| FB Service | 26 | ||
| Stewarding | 8 | ||
| Recreation (Jungle Camp Adv) | 0 | ||
| Purchasing | 0 | ||
| Human Resources | 0 | ||
| Sales & Marketing | 0 | ||
| Club Lounge | 0 | ||
| Accounting | 0 | ||
| Security | 2 | ||
| Total DW | 75 | ||
HOTEL SCHOOL TRAINEE | 50 | |||
| SUB TOTAL | 182 | ||
| GRAND TOTAL | 815 | ||
| ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar