Entri Populer

Kamis, 28 April 2011

BAB II TINJAUAN UMUM TENTANG HOTEL NIKKO BALI RESORT & SPA


1.     Sejarah Hotel Nikko Bali Resort & Spa
 Pada tahun 1970 dengan dana 4 milliyar yen, berdirilah Japan Airline Development Company (JDC). Sejak itu perusahaan membangun perkembangan yang positif keseluruhan dunia dan dibukalah hotel pertama perusahaan ini di Jakarta Indonesia sebagai hotel kepresidenan tahun 1972. Pada tahun 1973 dibuka sebuah hotel baru The Okinawa Grand Castle, JDC membentuk sebuah perusahaan management hotel yang disebut JAL (Japan Air Lines) hotel system. Melanjutkan perkembangan dan kemajuan di jepang, kesempatan untuk memulai pengembangan untuk menunjukkan diri di Negara lainnya, dengan memperhatikan konsep kesempurnaan, system JAL membuka hotel-hotel diseluruh dunia seperti Guam Reef Hotel pada tahun 1974, Hotel Nikko Paris dan Hotel Nikko Manila Garden pada tahun 1976, Hotel Nikko Dusseldorf pada tahun 1978 dan Hotel Nikko Pulau pada tahun 1981. Pada tahun 1984 nama JAL System diubah menjadi Nikko Hotel Internasional. Nama Nikko merupakan kepanjangan dari Nihon Koku, dalam bahasa inggis adalah Japan Airline. Lebih dari 20 tahun pengalaman Hotel Nikko Internasional telah memperluas aktivitasnya didalam pasar dunia. Operation Nikko Chain Hotel berdasarkan percampuran antara kelembutan dan keramah tamahan ala jepang, budaya dan tradisi Negara itu sendiri dengan Negara dimana hotel itu berlokasi, ini berarti setiap Hotel Nikko memiliki cita rasa sendiri.
Pada tahun 1995 Nikko melanjutkan perluasan dan sudah mendominasi sebagai resort tempat kunjungan yang terkenal diseluruh dunia. Nikko Hotel international membuka sebuah spektakuler resort di Bali , Indonesia dengan nama The Hotel Nikko Bali. Memutuskan untuk menyediakan pelayanan yang bagus kepada tamu, akomodasi, makanan, amuniti dengan diimvirasikan dari local. Nikko Hotel international yang berikutnya meliputi 100 hotel setelah 10 tahun mendatang. Hotel-hotel baru direncanakan dengan program yang selektif dan bertempat di kota yang strategis dan lokasi resort eksotis dibelahan dunia.

2.  Fasilitas Hotel Nikko Bali Resort & Spa
a.    Fasilitas kamar
Nikko Bali Resort & Spa mempunyai 389 kamar tamu, dengan type garden view,  ocean view, pool access,pool beach front,deluxe beach front,7th heaven,nikko club beach front,nikko suite,royal suite,presidential suite.

TABEL 1
Jenis dan jumlah kamar yang ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa
Description
twin
king
Total
Garden view
45
14
59
Ocean view
104
37
141
Pool Beach Front
16
16
32
Deluxe Beach Front
49
39
88
7th Heaven
-
14
14
Nikko Clube Beach Front
19
7
26
Pool Access
9
7
16
Nikko Suite
4
5
9
Royal Suite
-
3
3
Presidential Suite
-
1
1
Grand Total
246
143
389

b.     Fasilitas pelayanan makanan dan minuman
b.1. Brasserie de celebrities restaurant
 Restaurant yang terletak dibawah lobby yang memiliki ruang makan untuk   breakfast  dan dinner,diasmping itu brasserie juga menangani room service. Brasserie des selebrities memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 206 seats.antara lain 132 seat indoor dan 74 seat outdoor.
b.2. Delicatesson lounges
Delicatesson lounges merupakan salah satu bar  yang dimiliki oleh hotel nikko resort & spa bali. Di sini anda tidak bisa menemukan menu untuk makan pagi, siang ataupun malam karena di sini hanya menjual aneka snack ataupun roti. Delicatesson lounges mulai beroprasi pada jam 11.30 am – 15.00 pm dan 17.00 pm – 23.00 pm. Karena berfungsi sebagai tempat tunggu, delicatesson lounges hanya menyediakan 16 tempat duduk untuk para tamu dan letaknya juga berada di dekat lobby.
b.3. Benkey Japanese Restaurant
Restaurant yang menediakan masakan jepang dengan penyajian ala jepang dengan 121 tempat duduk. Restaurant ini merupakan ciri khas dari setiap hotel Nikko. Restaurant ini buka untuk lunch dan dinner




b.4. The Shore Restaurant
Restaurant yang terletak di depan pantai dengan pemandangan pantai Nusa Dua yang indah.  Restaurant ini memiliki kapasitas 94 kursi buka setiap hari mulai pukul 10:00-22:00 menyediakan makanan international seperti noodle,pizza,burger, dan jenis minuman seperti squeezed dan ice cream.

b.5. Sunken pool bar
Bar yang terdapat di sebelah kolam renang sehingga tamu dapat menikmati minuman sambil berenang.

b.6. Oolooloos Bar
Bar yang letaknya di dekat lobby menyediakan pertunjukan live musik, live sport dengan layar yang besar,pooltable, dengan kapasitas 88 tempat duduk.

b.7. Clube lounge
Berlokasi di lantai 3 cliff tower building accessible dari lantai 2 dan ampiteater. Merupakan asian restaurant dengan menu seafood with ocean view,buka untuk breakfast dan tea time.


b.8. Kupu-kupu Amphitheater
Audentik Balinese open air ampitheater dilatar belakangi tebing dan menghadap patung dan gapura tradisional bali dengan kapasitas tempat duduk 200 kursi. Buka regular setiap hari selasa dengan tema masakan dan entertainment yang berbeda. Buka untuk dinner buffet dari pukul 19:00-21:00.

b.9. Graha Sawangan Ballroom ( Banquet )
Graha Sawangan Ballroom terletak pada lantai pertama hotel nikko bali resort & spa. Fasilitas graha sawangan ballroom disiapkan untuk berbagai pertemuan seperti eksibisi, meeting, converance, pesta dan lain-lain. Ruang graha sawangan ballroom bisa menampung sampai 600 orang. Graha Sawangan Ballroom juga dapat di pisah-pisah menjadi beberapa ruangan yang disebut Brak out room. Brak out room adalah ruang pertemuan yang disediakan oleh hotel nikko bali resort & spa untuk pertemuan – pertemuan yang berkapasitas kecil yang dapat menampung 50 orang.

b.10.Wiwaha wedding pavilion
Tempat yang khusus disediakan untuk melangsungkan pernikahan dengan tembok kaca dan pemandangan samudra hindia. Ruangan ini bisa menampung tamu sebnyak 30 orang, apabila jumlah tamu melebihi kapasitas yang ada pihak hotel bisa memberikan tempat duduk tambahan yang diletakan di area taman maksimal sebanyak 20 kursi.
c.   Fasilitas-fasilitas lain
c.1. Bussines Centre
       Buka mulai pukul 09:00-17:00 yang melayani:
1. Secretarial service
2. Facsimile
3. Photocopy
4. Personal Computer
c.2. Pool                
Kolam yang berukuran luas dengan pasir putih di tepi kolam menjadikan
berenang di kolam seperti berenang di pantai.
c.3. Jungle camp & recreation
Jungle camp & recreation adalah sarana bermain anak-anak yang dimiliki oleh hotel nikko bali resort & spa. Di dealamnya terdapat 4 kolam renang berukuran kecil dan memiliki tempat seluncur sepanjang 30 meter.
c.4. Mandara Spa
Mandara spa menyediakan jasa perawatan kulit serta relaksasi, mandara spa menyediakan 8 villa ntuk perawatan tubuh secara traditional dengan panorama amphiteather dengan ocean view.
c.5. Camel Safary Riding
Terdapat unta gurun yang dapat dikendarai sepanjang pantai nusa dua

3.    Struktur organisasi hotel
Bagan struktur organisasi yang terdapat di Nikko Bali Resort & Spa
Sedangkan tugas dan tanggungjawab setiap kepala bagiannya adalah sebagai berikut :
a.   General Manager, mengkoordinir, mengawasi dan mengkontrol semua kinerja bawahannya. Dalam melaksanakan tugas tersebut, General Manager dibantu oleh beberapa tenaga ahli sebagai kepala bagian

b.   Financial Controller, bertanggung jawab atas semua pemasukan dan  pengeluaran keuangan yang ada hote

c.   Chief Accounting, bertanggung jawab terhadap perumusan kebijaksanaan teknis, pengendalian bimbingan, pembinaan, koordinasi, evaluasi, administrasi dan pengelolaan akutansi

d.   Assistant Director of Sales, bertanggung jawab ternadap pengelolaan sales promotion, pemesanan kamar serta teknik strategi pemasaran

e.   Sales Manager, bertanggung jawab terhadap semua pengelolaan berupa penjualan fasilitas hotel lainnya. Membantu Assistant Director of Sales dalam mengelola tugas dan tanggung jawab department

f.    Purchasing Manager, mengawasi pembelian barang-barang operasional hotel, serta menjamin operasional purchasing department berjalan lancer

g.   Executive Houskeeper, mengarahkan dan mengawasi bawahan serta menjamin bahwa operasional Houskeeping department berjalan dengan lancar. Seperti penanganan kebersihan, kerapian dan kelengkapan kamar tamu, restaurant, BAR, dan tempat-tempat umum termasuk tempat karyawan hotel

h.   Front Office Manager, bertanggung jawab terhadap kelancaran oprasional di Front Office Departement menyangkut pelayanan terhadap tamu, seperti penerimaan pesanan, penanganan chek-in dan check-out, general information, communication dan lain-lain

i.    Duty Manager, mengawasi kelancaran operasional diseluruh department. Duty Manager bertugas pada waktu malam hari dan pada hari-hari libur, karena masing-masing department tidak selalu mendapatkan pengawasan yang cukup dari head department

j.    Executive Chef, seorang kepala dapur yang bertugas mengawasi operasional kitchen secara keseluruhan, menyusun menu makanan dan membuat daftar pembelian alat-alat dapur
k.   Sous Chef, membantu Executive Chef dalam memperlancar kegiatan operasional kitchen
l.    Food and Baverage Manager, bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional di seluruh outlet-outlet FB  yang ada di hotel, seperti restaurant, BAR dan coffe shop. FB Manager mempunyai peran yang sangat penting serta tugas dan tanggung jawab yang begitu besar mengingat FB Departement termasuk dalam Major Revenue Departement di dalam hotel

m. Personal and Training Manager, mengatur kegiatan mengenai pengembangan karyawan yang menyangkut administrasi kepegawaian, perjanjian-perjanjian, pengobatan karyawan, pendidikan dan pelatihan karyawan serta proses perekrutan tenaga kerja

n.   Chief Engineer, bertanggung jawab atas semua perbaikan dan perawatan seluruh peralatan dan fasilitas yang ada di hotel

o.   Chief Security, mengkoordinir seluruh petugas keamanan yang ada di hotel untuk memelihara dan menjaga keamanan para tamu, karyawan dan hotel dari segala kemungkinan terjadinya bahaya
4.    New Picture.bmpStruktur Organisasi Food and Baverage Department
Sumber: HRD
4.1. Job descriptions
1.  F & B Director
a.   Bertanggung jawab atas jalannya oprasional di F& B departemen secara keseluruhan.
b.   Bertanggungjawab terhadap kinerja semua karyawan yang ada di bawahnya.
2.  Assistant F & B Director
a.   Bertanggung jawab membantu/ menggantikan F & B Direktur jika tidak masuk atau berhalangan hadir.
b.   Bertanggungjawab untuk melihat aktifitas pelayanan di semua outlet food & beverage yang ada di hotel Nikko Bali Resort & Spa.
3.  Sanitation Manager
a.   Bertanggung jawab terhadap sanitasi di restaurant,kitchen dan steward area yang ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa.
4.  F & B Manager
a.   bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional di seluruh outlet-outlet FB  yang ada di hotel, seperti Restaurant, BAR dan coffe shop.
b.   bertanggung jawab kepada F & B Direktur serta bertanggung jawab atas jalannya oprasional semua outlet-outlet yang ada di F & B departemen secara keseluruhan.
c.   Bertanggung jawab terhadap pengawasan 200 staff dibawahnya dari f&b outlet dan banquet operational.
d.   Bertanggung jawab langsung terhadap pengawasan kinerja bawahan.
5.  Baverage Manager
a.   Bertanggung jawab terhadap semua yang berhubungan dengan beverage di semua outlet yang ada di Food & Beverage department di Hotel Nikko Bali Resort & Spa.
6.  Manager
a.   Bertanggung jawab terhadap pengawasan kerja karyawan di bawahnya termasuk(captain,hostes,waiter/waitress,school trainee.
b.   Bertanggung jawab terhadapkelancaran oprasional


7.  Assistant Manager
a.   Membantu/ menggantikan tugas Manager jika berhalangan hadir.
b.   Bertanggung jawab terhadap pengawasan kerja karyawan di bawahnya termasuk captain,waiter/waitress,hostes,school trainee.
8.  Captain
a.   bertanggung jawab terhadap pengawasan kerja waiter/waitress, hostes,bartender,school trainee.
b.   Bertanggung jawab  terhadap kelancaran oprasional
9.  Waiter
a.   Memberikan greeting pada tamu ketika tamu datang ke restaurant, dan memberikan informasi tenteng special menu dan promotional menu kepada tamu.
b.   Memberikan service kepada tamu mulai dari tamu datang ke restauran sampai tamu meninggalkan restauran.
c.   Bertanggung jawab terhadap kebersihan area restaurant.
d.   Memprepare semua kelengkapan  yang dibutuhkan untuk oprasional restauran (mempolish cutleries,glass,silverwere,membuat oshibori,folding napkin)
e.   Mengambil request order dari food & beverage store.

5.    Data Personalia Hotel Nikko Bali Resort & Spa
TABEL 3
Data personalia yang ada di Hotel Nikko Bali Resort & Spa
PERSONNEL STRENGTH



DEPT./ DIVISION
2011
per Januari
A & G :


Executive Office
4

Total A & G
4
FINANCE & ACCOUNTING


Accounting Office
17

FB Cashier
14

Cost Control
2

Receiving
2

Storekeeper
5

Total Finance & Acct
40
PROCUREMENT


Purchasing
5

Total Procurement
5
SALES & MARKETING


Sales & Marketing
12

Jakarta Sales Office
4

Wedding Chapel (Wiwaha)
5

Public Relation
4

Total Sales & Marketing
25
HUMAN RESOURCES


Personnel
4

Training
1

General Affair
0

Cafetaria
2

Security
53

Total Human Resources
60
POMEC :


Engineering
55

Gardener
9

Total POMEC
64
ROOMS :


Front Office
48

Telephone Operator
7

Reservation
5

Housekeeping
78

Laundry
24

Gift Shop
4

Recreation
19

Jungle Camp Adventure Guide
3

Tennis & Entertainment
3

Club Lounge
14

Total Rooms
205
FOOD & BEVERAGE :


F&B Admin
5

Brasserie / Room Service
20

La Terazza
8
 
Benkay / Delicatessen
20

Wiwaha
4

Oolooloos
8

Kupu kupu
4

The Shore
39

Banquet
4

FB Reservation Centre
2

Stewarding
24

Kitchen
92

Total F&B Division
230

SUB TOTAL
633
CONTRACT WORKER


Greeters
0

Front Office
0

Recreation (Mason)
1

Housekeeping
5

Laundry
0

FB Service
3

Kitchen
2

FB Artist
0

POMEC
1

Gardener (outsource)
28

Purchasing
0

Club Lounge
0

Stewarding
0

Sales & Marketing
0

Security (Outsource)
17

Total CW
57
DAILY WORKER :


Front Office
0

Greeters
0

Engineering
8

Housekeeping
14

Laundry
5

Kitchen
12

FB Service
26

Stewarding
8

Recreation (Jungle Camp Adv)
0

Purchasing
0

Human Resources
0

Sales & Marketing
0

Club Lounge
0

Accounting
0

Security
2

Total DW
75
HOTEL SCHOOL TRAINEE
50

SUB TOTAL
182

GRAND TOTAL
815






























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar